4/5
Action
Adventure
Blockbuster
Box Office
Car race
Crime
Espionage
Family
Franchise
Friendship
Hollywood
Pop-Corn Movie
The Jose Flash Review
Thriller
The Jose Flash Review
The Jose Flash Review
Fast & Furious 8
[The Fate of the Furious]
Tak perlu diragukan lagi, franchise Fast and Furious (FF) sudah menjelma menjadi brand jaminan mutu
berkat penggalian pengembangan cerita yang meski sudah semakin melebar ke
mana-mana tapi punya relevansi dengan titik awal serta tentu saja
inovasi-inovasi sekuens spektakel yang justru menjadi alasan utama penonton
selalu rela berbondong-bondong ketika installment terbarunya rilis. Sudah sampai
installment ke-delapan tapi masih belum menunjukkan tanda-tanda kehabisan
energi. Justru dengan tambahan karakter di tiap installment membuat seri-seri
FF makin meriah. Naskahnya masih dikerjakan oleh Chris Morgan (penulis naskah
franchise FF sejak The Fast and the
Furious: Tokyo Drift - 2006), sementara bangku penyutradaraan kali ini
dipercayakan kepada F. Gary Gray (A Man
Apart, The Italian Job, Be Cool, dan Straight Outta Compton) yang menjadi sutradara kulit hitam kedua di
franchise FF (yang pertama John Singleton di 2 Fast 2 Furious). Aktor-aktris lini terdepan kembali hadir,
ditambah kembalinya karakter-karakter yang sempat absen, dan tentu saja
karakter-karakter baru yang makin menambah kemeriahan installment yang diberi
tajuk The Fate of the Furious di
negara asalnya (Fast and Furious 8 –
FF8 - di beberapa negara lain).
Dom Toretto dan Letty hidup tenang di Kuba. Ketenangannya
diusik ketika seorang wanita kulit putih berambut braided, Cipher, muncul dan
menunjukkan sesuatu yang bak menghipnotis Dom untuk mengikuti segala
perintahnya. Sebuah misi penting dari Nobody yang melibatkan Hobbs dan seluruh
tim Dom digagalkan oleh Dom yang membuat Hobbs harus mendekam di penjara.
Nobody yang geram akhirnya mengumpulkan Hobbs, seluruh tim Dom; Letty, Roman,
Tej, Ramsey, dan bahkan Deckard Shaw untuk mencari tahu ada apa dibalik
membelotnya Dom. Tentu saja bagi Letty, ini menyangkut urusan personal karena
ia percaya Dom tak mungkin mengkhianati ‘keluarga’-nya begitu saja.
Dari sinopsis dan trailernya, hanya satu impresi saya: secara
plot, FF dikembangkan bak soap opera. Well, impresi ini sudah terasa sejak
installment keempat, tapi karena dikembangkan dengan baik ke arah yang baik
pula, saya sama sekali tak pernah ambil pusing. Apalagi tujuan utama dari fans-nya
(dan juga tentu saja penonton umum) adalah adegan-adegan aksi yang memicu
adrenalin sekaligus spektakuler. Secara keseluruhan, FF8 memang masih
menggunakan pattern dan formula yang kurang lebih sama dengan seri-seri
sebelumnya. Namun highlight terbesar saya adalah inovasi-inovasi sekuens yang
membuat saya speechless dan bertanya-tanya mereka dapat ide dari mana sih.
Selain itu elemen kekeluargaan yang seperti biasa, menjadi highlight tak kalah
penting, yang somehow tetap terasa begitu hangat, terutama di konklusi. Apalagi
kehadiran ‘extended family’ dengan pemilihan cast yang tak kalah menariknya,
semakin memper-solid tema keluarga dari franchise FF8.
Bergesernya dari tema street racer ke espionage a la Mission: Impossible atau let’s say yang
paling mendekati, xXx (yang juga
dibintangi oleh Vin Diesel) tak pula menjadi problem berarti. Selama masih
melibatkan kebut-kebutan dengan fancy racing cars dan elemen-elemen penting
khas, FF masih menjadi sebuah franchise dengan keunikan-keunikannya tersendiri,
yang image-nya sudah terbangun dengan begitu kuat. FF8 malahan diperkaya oleh
elemen-elemen aksi yang tak kalah memanjakan mata, seperti aksi pertarungan
tanpa senjata di adegan prisonbreak yang ditata dengan energi yang dinamis.
Di tangan Gray, FF8 tak punya kendala berarti dalam
menyuguhkan adegan-adegan aksi pemicu adrenaline. Memang punya perbedaan style
dengan Justin Lin maupun James Wan, tapi dengan pengalamannya di film-film
sejenis (terutama The Italian Job)
Gray masih sangat berhasil menyuguhkan adegan-adegan laga dengan camera work Stephen
F. Windon yang sangat mendukung adrenaline rush dan berkali-kali membuat saya
terhenyak dari bangku, sekaligus editing Christian Wagner dan Paul Rubell yang
tau betul timing dari setiap adegan dan porsi yang disuguhkan.
Elemen humor menjadi highlight yang tak kalah penting. Mulai
dialog-dialog bereferensi (terutama menyangkut karakter Hobbs dengan
karakter-karakter yang pernah dilakoni Dwayne Johnson sebelumnya) hingga
pemanfaatan Jason Statham yang terbukti lucu di ranah komedi.
Terakhir, FF8 juga menampilkan adegan poetic. Jika di FF7 ada
adegan poetic sebagai tribute kepada karakter Brian yang diperankan Almarhum
Paul Walker, kali ini ada adegan poetic tentang sebuah kejadian yang bisa
‘menjerat’ sekaligus ‘melindungi’ (in this case, referring to Dom).
Line-up aktor-aktris tetap, seperti Vin Diesel, Michelle
Rodriguez, Tyrese Gibson, Chris ‘Ludacris’ Bridges, Nathalie Emmanuel, dan
Dwayne Johnson, rata-rata masih memberikan performa lanjutan yang setara dari
installment-installment sebelumnya. Mungkin sedikit perkembangan untuk Vin
Diesel yang punya emotional moment lebih banyak, mendalam, dan dibawakan dengan
cukup menyentuh. Kurt Russell sebagai Mr. Nobody diberi porsi lebih banyak dan
tentu saja jadi lebih menarik. Kehadiran kembali Jason Statham yang porsinya
juga lebih banyak membuat nuansa film menjadi lebih menghibur, termasuk Helen
Mirren di peran tak terduganya. Charlize Theron yang membawakan peran
antagonis, Cypher, sedikit mengingatkan saya akan peran sejenis di Prometheus maupun peran Toni Collette di
xXx: Return of Xander Cage yang masih
beberapa bulan lalu, tapi she nailed it perfectly. Sementara Scott Eastwood
sebagai karakter baru, Eric Reisner, masih belum diberi porsi yang cukup untuk
mencuri hati penonton, tapi bisa jadi menggantikan sosok Brian di ‘keluarga
FF’.
Score music dari Brian Tyler masih tak beranjak jauh dari
installment-installment sebelumnya dan nuansa-nuansa khas blockbuster, tapi
masih cukup ampuh dalam mengiringi sekaligus memperkuat adrenaline rush-nya.
Seperti biasanya pula, FF8 diperkaya dengan pemilihan soundtrack yang eksotis,
dengan energi yang sesuai (terutama lewat musik hip-hop dan rap), dan yang
paling saya notice karena kesesuaian dengan tema, Good Life dari G-Eazy & Kehlani. Sound mixing cukup membangun
keseruan dengan keseimbangan antar elemen suara yang pas, jernih, dan dahsyat,
meski untuk genre action, masih tergolong standard. Sayang format 3D tak
memberikan kontribusi apa-apa selain memperjelas gambar yang ‘sengaja di-blur’.
IMAX menjadi format opsional mengingat film apa saja akan
terasa lebih megah di layar akbar IMAX. Apalagi FF8 punya customized IMAX
countdown bumper. Lebih dari itu, format IMAX tak memberikan kelebihan lain karena
aspect ratio yang digunakan 2.35:1. Saya sendiri masih tertarik untuk
re-experience di format Dolby Atmos dan 4DX. I’d update about this later.
Sudah sampai installment ke-delapan, saya masih saja dibuat
kagum dengan inovasi-inovasi sekuen yang semakin lama semakin ‘gila’, energi
karakter-karakter yang belum mengendur, pun juga kehangatan tema keluarga yang
seolah tak pernah luntur sekaligus membuat saya spontan tersenyum. Setelah di-‘pegang’ sutradara berkulit putih (Rob
Cohen), beretnis Asia (Justin Lin dan James Wan), dan berkulit hitam, agaknya
FF perlu mencoba sutradara Hispanic kelak. Apalagi sejak awal FF mengangkat
kultur Latino yang cukup kental. Semoga saja franchise FF selalu punya cara
untuk membuat tiap installment-nya tetap menarik. Kudos!
Lihat data film ini di IMDb.